Minding Your Money

Bijaksana Dalam Menggunakan Uang

5 Jenis Minyak Goreng yang Baik dan Buruk Bagi Kesehatan

Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam memasak dan memproses suatu masakan, dan tentunya makanan yang dihasilkan dengan cara digoreng merupakan makanan yang menjadi favorit sebagian orang dikarnakan rasanya yang gurih dan garing atau krispy disukai orang orang mulai dari anak anak hingga yang dewasa. Namun sayangnya dibalik rasa yang nikmat dan gurih itu ternyata selain ada manfaat yang baik namun juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

 

Memang tidak semua masakan ataupun makanan yang digoreng memberikan dampak dan hasil yang negatif, tergantung dari bahan/minyak apa yang kita gunakan dalam menggoreng.

5 Jenis Minyak Goreng yang Baik dan Buruk Bagi Kesehatan

Olive oil atau yang dikenal di Indonesia dengan nama minyak zaitun, jenis minyak yang satu ini dipercaya dan telah dibuktikan bahwa minyak zaitun mampu dan sangat berperan dalam menjaga dan melindungi kesehatan organ jantung. Hal ini disebabkan karna mniyak zaitun tidak memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol jahat (LDL) sehingga mampu menurunkan resiko gangguan penyakit jantung. Biasanya minyak zaitun digunakan sebagai bahan untuk menumis makanan ataupun sebagai bahan tambahan untuk salad.

Canola oil/minyak kanola merupakan salah satu jenis minyak dalam golongan nabati karna terbuat dari biji bunga kanola yang kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh serta omega 3. Asam lemak tak jenuh ini dibutuhkan tubuh untuk melawan dan mengatasi kadar kolesterol dalam tubuh yang bisa mengakibatkan serangan jantung ataupun gangguan yang lainnya. Minyak kanola ini bisa anda dapatkan atau beli di pasar modern.

Minyak Kelapa, minyak yang terbuat dari kelapa ini dituding sebagai salah satu pemicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dikarnakan minyak kelapa mengandung yang namanya lemak jenuh/lemak jahat sehingga sebaiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan bahan ini. Namun tak semua minyak kelapa buruk salah satunya adalah VCO (Virgin Coconut Oil) yang dipercaya bisa untuk mengobati dan mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan penyakit berat, dan minyak VCO ini bukanlah bahan untuk menggoreng melainkan untuk langsung dikonsumsi sebagai obat alami.

Minyak kelapa sawit, minyak yang dihasilkan oleh tumbuhan kelapa sawit merupakan minyak yang paling banyak dipakai dan digunakan hampir di tiap tiap rumah seluruh masyarakat pada umumnya. Penggunaan secara berlebihan akan memberikan pengaruh yang sangat buruk bagi kesehatan secara keseluruhan mulai dari obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi, gangguan jantung, stroke, dikarnakan kolesterol jahat/lemak jenuh bisa mengendap dan menumpuk pada beberapa organ tubuh khususnya pada pembuluh darah.

Minyak Kedelai, kacang kedelai selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan maupun minuman ternyata ada produk turunannya yakni minyak kedelai. Didalam minyak kedelai ini mengandung asam lemak tak jenuh dan juga asam lemak essensial yang bisa menambah kadar kolesterol baik dalam tubuh serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Namun pada intinya dan secara keseluruhan semua jenis minyak goreng ini baik jika dipakai dan dikonsumsi tanpa berlebihan, sebaiknya jangan menggunakan minyak goreng yang telah dipakai berulang kali karna dipercaya banyak mengandung zat karsinogen yang merupakan salah satu penyebab penyakit kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *